Selasa, 18 Agustus 2009

Sekilas Tentang Banyumas

Ini adalah tulisan pertama saya........ Sesuai dengan nama blog saya Banyumas Satria Banyumas adalah kelahiran saya dengan ibukota kabupaten Purwokerto Satria adalah slogan dari kabupaten Banyumas yang kepanjangannya : Sejahtera Adil Tertib Rapi Indah Aman Maka saya akan sedikit membahas tentang Kabupaten Banyumas. Sebagai wujud kebanggaan saya sebagai putra Banyumas.

Kabupaten Banyumas berdiri pada tahun 1582, tepatnya pada hari Jum'at Kliwon tanggal 6 April 1582 Masehi, atau bertepatan tanggal 12 Robiul Awwal 990 Hijriyah. Kemudian ditetapkan dengan Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Daerah Tingkat II Banyumas Nomor 2 tahun 1990.
Keberadaan sejarah Kabupaten Banyumas tidak terlepas dari pendirinya yaitu Raden Joko Kahiman yang kemudian menjadi Bupati yang pertama dikenal dengan julukan atau gelar ADIPATI MARAPAT (ADIPATI MRAPAT).
Riwayat singkatnya diawali dari jaman Pemerintahan Kesultanan PAJANG, di bawah Raja .......Selengkapnya sejarah kabupaten Banyumas

Letak Geografis Kabupaten Banyumas
Wilayah Kabupaten Banyumas terletak di sebelah Barat Daya & merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah.
Batas-batas Kabupaten Banyumas adalah :
  1. Sebelah Utara: Gunung Slamet, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.
  1. Sebelah Selatan: Kabupaten Cilacap
  2. Sebelah Barat: Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes
  3. Sebelah Timur: Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara
Letak Astronomis Kabupaten Banyumas Terletak di antara garis Bujur Timur 108° 39' 17'' sampai 109° 27' 15'' & di antara garis Lintang Selatan 7° 15' 05'' sampai 7° 37' 10'' yang berarti berada di belahan selatan garis khatulistiwa.
Luas wilayah Kabupaten Banyumas sekitar 1.327,60 km2 atau setara dengan 132.759,56 ha, dengan keadaan wilayah antara daratan, lembah sungai, & pegunungan.
Bumi & kekayaan Kabupaten Banyumas masih tergolong potensial karena terdapat pegunungan Slamet dengan ketinggian puncak dari permukaan air laut sekitar 3.400M dan masih aktif. Keadaan cuaca & iklim di Kabupaten Banyumas karena tergolong di belahan selatan khatulistiwa masih memiliki iklim tropis basah. Demikian Juga karena terletak di antara lereng pegunungan jauh dari permukaan pantai/lautan maka pengaruh angin laut tidak begitu tampak, namun dengan adanya dataran rendah yang seimbang dengan pantai selatan angin hampir nampak bersimpangan antara pegunungan dengan lembah dengan tekanan rata-rata antara 1.001 mbs, dengan suhu udara berkisar antara 21,4° C - 30,9° C. Peta Kab. Banyumas Kabupaten Banyumas terdiri atas :
  1. 27 Kecamatan
  2. 30 Kelurahan
  3. 301 Desa
Tujuan Pariwisata kabupaten Banyumas
  1. Wisata Alam : lokawisata Baturaden, Curug Cipendog, Curug Ceheng, Pemandian Kalibacin
  2. Wisata Budaya : Desa Wisata Ketenger, Hari Jadi Kabupaten Banyumas, Penjamasan Jimat Kalisalak, Penjaroan
  3. Wisata Religi : Masjid Saka Tunggal dan Taman Kera Cikakak, Gowa Maria Kaliori
Budaya dan kesenian Banyumas Beberapa kesenian banyumasan yaitu : Ebeg atau lebih dikenal dengan nama Kuda Lumping, Lengger, Rodad, Calung, Kentongan Lagu lagu banyumasan : Eling-eling, Ricik-Ricik Banyumasan, Gudril Banyumasan dan baru-baru ini ada kelompok kesenian yang mengangkat kesenian Banyumasan dengan lagu-lagu yang kocak dengan bahasa dan dialek banyumasan yaitu grup musik SOPSAN. Sebelumnya juga ada kelompok Dagelan dengan sebutan Peyang Penjol yang sangat dikenal di masa itu dengan cerita dan percakapan yang sangat menghibur. Makanan Khas Banyumasan Untuk makanan khas Banyumasan adalah Mendoan, Getuk Goreng Sokaraja, Sroto Banyumas, ......selengkapnya

Sumber : www.banyumaskab.go.id

Demikian sedikit ulasan tentang kabupaten Banyumas, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan karena ini adalah kali pertamanya saya menulis.
Kritik, Saran, dan Komentar sangat diharapkan untuk membangun kesempurnaan dan akan saya terima dengan senang hati.
terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar